Sejarah dan Pengertian Lucid Dream

cara lucid dream, pengertian lucid dream, sejarah lucid dream


Pernahkah suatu hari ketika Anda sedang bermimpi namun Anda merasakan seperti nyata ? Jika pernah, Selamat ! Anda telah ber-lucid dreaming. Lucid dream adalah fase dimana seorang sedang bermimpi namun orang itu sadar jika sedang bermimpi dan mimpi itu terasa jelas. Sayangnya, bagi sebagian orang mengatakan hal ini seperti sihir/hal ghaib, namun kenyataan nya lucid dream ialah salah satu fenomena alamiah yang terjadi pada diri manusia. Semua orang termasuk Anda bisa untuk melakukan lucid dream, yang Anda butuhkan hanyalah belajar dan berlatih. Tidak perlu mantra-mantra atau hal yang berbau mistis untuk bisa melakukan hal ini.

Kapan Lucid Dream di Temukan ?

Sebenarnya lucid dream sudah ada sejak abad ke-8, pada saat itu Tibet Buddah dan Bonpo tengah mencoba membentuk Yoga Mimpi yang bertujuan untuk mempertahankan kesadaran dalam kondisi yang terjaga didalam mimpi. Konsep lucid dream/mimpi sadar pertama kali dikemukakan oleh seorang philosopher bernama Cellia Green. Pada tahun 1960 Cellia Green melakukan percobaan dibantu oleh Alan Worsley sebagai sang voluntir dan Keith Hearne sebagai tester. Sehingga dapat Saya simpulkan bahwa lucid dream aman karena telah teruji dan diteliti secara ilmiah oleh para ilmuwan.

Bagaimana Cara Melakukan Lucid Dream ?

Cara untuk ber-lucid dreaming itu dibagi menjadi dua, yaitu dream-initiated lucid dream; DILD dan wake-initiated lucid dream; WILD. Kedua cara umum diatas adalah yang paling sering dan mudah digunakan untuk pemula yang ingin atau baru dalam dunia mimpi sadar. Untuk selengkapnya, nanti Saya akan berikan di artikel selanjutnya.

Bagaimana Rasanya Ketika Kita Melakukan Lucid Dream ?

Ketika Anda sedang tertidur kemudian Anda bermimpi dan Anda sadar tengah bermimpi, hal yang pertama Anda rasa ialah seperti di kehidupan nyata. Namun, tidak semua yang Anda inginkan bisa terjadi di dalam mimpi Anda. Karena Anda tidak bisa membentuk scenario ketika berada didalam mimpi biasa. Berbeda dengan mimpi biasa pada umumnya, di dalam lucid dream Anda benar-benar jelas melihat, mendengar, merasakan bahkan membau. Ibarat dunia fiktif, Anda dapat membangun istana beserta pasukan dan pelayan. Ya, dalam arti lain, Anda dapat membuat segalanya saat berada pada dunia mimpi sadar. Masih banyak hal yang Anda dapat lakukan ketika berada di dalam dunia mimpi sadar.

Apakah Lucid Dream Aman ?

Seperti yang Saya katakan diatas bahwa lucid dream sudah diteliti secara ilmiah bahkan sudah diakui keberadaan nya. Jadi, Saya dapat menyimpulkan bahwa lucid dream aman untuk dilakukan. Tapi, segala hal yang dilakukan secara berlebihan tentunya aka ada mudharatnya. Banyak jurnal yang mengatakan, jika Anda terlalu sering bermain di dunia mimpi, Anda akan rada sulit membedakan mana dunia asli dan mana dunia mimpi. Jadi saran Saya, lakukan lucid dream selagi Anda butuh hiburan atau jika Anda sedang dilanda stress.

Manfaat Lucid Dream

Manfaat yang kita dapat ketika sedang ber-lucid dreaming ialah :

 1. Meringankan beban fikiran, dengan ber-lucid dreaming otak Anda akan melakukan sesuatu yang baru dan yang pasti menyenangkan. Tentunya hal ini dapat meringankan segala urusan yang Anda alami di dunia nyata. Tujuan Anda melakukan lucid dream untuk mencoba hal baru bukan ?
 2. Meningkatkan kreativitas, di dalam mimpi, Anda dapat membuat apapun yang Anda inginkan. Jika Anda seorang pelukis mungkin Anda bisa mencari sesuatu objek yang baru di dalam mimpi yang kemudian Anda tuangkan di dalam dunia nyata.
 3. Melatih keterampilan, Anda dapat melatih keterampilan di dunia mimpi seperti bernyayi, bermain alat music atau olahraga. Anda akan mendapatkan banyak ide di dalam dunia mimpi ketimbang di dunia nyata.
4. Melatih kepercayaan diri, dengan melakukan lucid dream, kepercayaan diri Anda akan terasah. Hal ini terjadi karena Anda mencoba untuk melakukan sesuatu hal baru.

 Bagi Saya, lucid dream adalah hal yang sangat menyenangkan. Disamping kita dapat membuat apa saja yang kita inginkan, kita juga belajar banyak hal.

Komentar